Selamat Datang di Blogku. Silahkan Anda membaca-baca isi di dalam Blogku, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, Amieen... :-D ----- Welcome to my blog. Please browse the contents in my blog, hopefully useful for all of us, Amieen... :-D

Jangan Lupa Di " LIKE " Yaaa . . . Thank You . . .

Kamis, 27 Oktober 2011

Sumpah Pemuda

  
         Sumpah Pemuda merupakan sumpah para pemuda yang dijadikan bukti secara otentik pada tanggal 28 Oktober 1928. Adapun rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh M. Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang lebar oleh M. Yamin. Sumpah Pemuda ini menandakan lahirnya Bangsa Indonesia sebagai Bangsa yang  mampu berdiri sendiri tanpa adanya tindasan dari bangsa lain. Selama ratusan tahun Bangsa Indonesia ditindas oleh kaum kolonialis yang hanya memanfaatkan rakyat dan mengambil hasil jerih payah rakyat untuk kepentingan kaum kolonialis itu sendiri. Dari berbagai penindasan yang dirasakan selama ratusan tahun, akhirnya pemuda Indonesia bergerak bersama-sama untuk keluar dari belenggu yang selama ini berada dihadapan mereka. Mereka berkomitmen bersama-sama membulatkan tekad mereka untuk mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia asli yang selama ini hidup sengsara karena penindasan. Perjuangan mereka tidak sia-sia, karena akhirnya Bangsa Indonesia bisa merdeka dari penjajah yang selama ratusan tahun menjajah Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. 





Sumpah Pemuda versi original:
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda versi EYD (Ejaan Yang Disempurnakan):
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
           Kita sebagai Bangsa Indonesia harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang sudah ada mulai dulu, kita sebagai penerus Bangsa harus selalu bangga dengan apa yang sudah kita miliki karena itu semua sebenarnya merupakan hasil jerih payah Pahlawan-Pahlawan Bangsa yang sudah gugur terlebih dahulu. Perjuangan mereka adalah suatu tugas yang harus kita teruskan bersama demi terwujudnya Bangsa Indonesia yang Adil dan Makmur.

SEMANGAT UNTUK PEMUDA-PEMUDI INDONESIA
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Lihat Yang Di Bawah Ini Juga Yaaaa . . .